WORKSHOP PERSIAPAN PENYUSUNAN RENCANA IMPLEMENTASI KURIKULUM

Di Ruang Sidang Utama Rektorat Universita Negeri Yogyakarta (UNY) telah berlangsung acara workshop yang dihadiri oleh semua  pimpinan universitas, fakultas, dan jurusan/program studi  serta pusat pengembangan kurikulum UNY, Senin—Selasa, 29—30 Juni 2015. Acara yang bertajuk “Workshop Persiapan Penyusunan Rencana Implementasi Kurikulum (Perkuliahan)” ini merupakan hasil kerjasama antara UNY dengan Islamic Development Bank (IDB). Hadir sebagai narasumber ahli yaitu Dr. Silvy Dewayani (Direktorat Belmawa, Dikti) dan Prof. Dr. C. Asri Budiningsih (P2KIS-LPPMP-UNY). Acara dimoderatori oleh Dr. Paidi, M.Si.

Pada awal acara, sambutan secara khusus disampaikan oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dan laporan kegiatan dari Direktur Eksekutif PIU IDB, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Dalam laporannya, Sutrisna Wibawa menyampaikan bahwa tujuan workshop adalah menyamakan persepsi mengenai hakikat dan prinsip kurikulum yang berorientasi pada KKNI dan menyiapkan implementasi kurikulum yang sudah disusun pada tahun 2014 melalui penyusunan perangkat pembelajaran, perangkat perkuliahan dan penilaian serta skenario pelaksanaannya  yang disusun dalam bentuk RPS.

Sementara itu, Rochmat Wahab dalam sambutannya menyatakan bahwa berbicara tentang kurikulum berbasis kompetensi kalau dipahami secara sempit hanya akan berbasis filosofi esensialisme karena hanya tentang bagaimana menghasilkan lulusan yang kompeten. “Padahal kita tidak hanya menghasilkan lulusan yang kompeten saja tetapi juga harus dipastikan agar kompetensi yang dimiliki itu dapat ditransformasikan pada situasi di mana kita berada dan pada saat kapan kompetensi itu dibutuhkan.”

Silvi Dewayani memaparkan tentang model pembelajaran dengan pendekatan Student Centered Learning yang telah disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Dalam pemaparannya itu, Silvi menjelaskan bahwa prinsip pembelajaran dalam SNPT harus memenuhi beberapa syarat yaitu interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, dan berpusat pada mahasiswa.

Sesi hari pertama ditutup oleh C. Asri Budiningsih melalui pemaparannya tentang Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) UNY berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Disebutkan bahwa KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Sementara itu, pada hari kedua semua peserta dibagi menurut fakultas masing-masing dan diminta untuk mengimplementasikan semua materi pada hari pertama ke dalam rancangan kurikulum yang baru. Rangkaian acara ini ditutup oleh Wakil Rektor I UNY, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. (Inf)